Kuliner

Ni Nyoman Ariani: Masak adalah Passion

Ni Nyoman Ariani

Awalnya, mencoba, kemudian menjadi kebutuhan, dan akhirnya mencintai.  Itulah yang dirasakan Ni Nyoman Ariani, chef de cuisine, Swiss-belhotel Rainforest Sunset Road, Kuta. “Padahal dulu awalnya  ingin jadi guru. Tapi karena  ingin cepat dapat kerja, akhirnya  masuk di SMKN 3 Denpasar,” kata  Ariani.

Walaupun hanya sekadar mencoba, lama-kelamaan Ariani berhasil mencintai pekerjaannya. Bahkan, ia merasa hidupnya memang di dapur. Walau pun sempat berkarier sebagai  waitress, restoran manager, bahkan villa manager, toh, ia merasa kurang, dan kembali ke dunia dapur. “Saya merasa sangat menikmati berkreasi di dapur, ada passion di sana,” tutur perempuan yang menikahi seorang koki masak juga.

Menurut Ariani, passion memegang peranan sangat penting untuk terus menjaga kita antusias dan senang dalam setiap pekerjaan yang kita sukai. “Passion, bukan hanya sebuah pekerjaan di mana kita bagus dalam mengerjakan itu, namun saat kita mengerjakannya maka kita mengerahkan seluruh ‘cinta’ yang ada dalam diri kita untuk mengerjakan itu,” kata Ariani.

Ia tak menampik, menjadi chef bagi perempuan memang banyak tantangan. Apalagi, menjadi pimpinan di dapur. Namun, ia yakin, dengan kedisplinan dan sikap yang baik dan bisa bekerja  sama dengan tim di dapur, ia yakin, semua tantangan terlewati.

Ibu empat anak ini merasa di dapur ia mendapat ilmu yang sangat  lengkap, mulai dari ilmu gizi, matematika, kimia, dan fisika. Ia menjadi tertantang untuk berbagi kepada orang lain, karena itu, ia juga  mengajar di salah satu kampus pariwisata. “Tujuannya hanya ingin berbagi kepada orang lain,” ujarnya.

Walau pun ia tak meminta anak-anaknya untuk mengikuti jejaknya dan suami berkarier di bidang kuliner, tapi ternyata buah hatinya malah piawai memasak di rumah. “Saya tak pernah memaksakan anak untuk terjun ke bidang apa, saya biarkan mengalir saja. Tapi anak-anak suka memasak juga di rumah,” kata Ariani yang biasa sharing dengan suami soal ilmu memasak ini. –Wirati Astiti

To Top