Sudut Pandang

Jadilah Kreator

Suasana diklat guru Pra BKAF 2016

Sebanyak 200 guru mengikuti pelatihan dalam persiapan lomba kegiatan Bali Kids Animation Festival  (BKAF) 2016. Ini kegiatan ke 2 setelah sukses tahun lalu. Tahun  2015, tercatat 150 animator cilik memamerkan hasil karya animasi mereka.

Menurut Putu Sudiarta, Direktur Bamboomedia yang juga penggagas acara ini, materi kegiatan antara lain pelatihan Software Pivot Animator, Digital Storytelling, Digital Coloring, Voice Actor, serta sosialisasi Lomba. “Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guru terkait TIK, terutama menyangkut animasi. Lomba  sendiri bertujuan mencari bakat-bakat animator cilik serta mendorong masuknya animasi menjadi pilihan eskul di tingkat SD khususnya di kota Denpasar,” tegasnya.

Selanjutnya 200 guru yang sudah dilatih akan mensosialisasikan di masing-masing sekolah. Puncak lomba adalah bulan November tanggal 5-6. Hasil lain adalah sinergi yang makin baik antara Disdikpora, BDI-Kemenperin, serta Bamboomedia sebagai penggagas kegiatan.

Sudiarta menambahkan. Relevansi kegiatan ini dengan program Denpasar Smart City tentu mendorong pemanfaatan TIK secara optimal terutama dalam masyarakat perkotaan terkait pelayanan publik. “Kegiatan ini ingin merangsang masyarakat memanfaatkan kemajuan TIK secara produktif. Mulai dari usia dini (SD) diharapkan tidak hanya menjadi pengguna dan penonton, namun sebagai kreator. Dengan melibatkan siswa SD otomatis akan melibatkan orangtua, kakak dan adiknya,” ujarnya.

Sebagai penggagas kegiatan, Bamboomedia berharap kegiatan ini bisa menjadi kalender tahunan perusahaan bekerjasama dengan Disdikpora dan BDI Denpasar, serta Bali Post dan Bali yang menjadi media partner. “Kami ingin mendukung visi Wali Kota menjadikan Denpasar sebagai kota Animasi berbasis Budaya, dengan impian besar memiliki kawasan industri terpadu Denpasar Technopark pada tahun 2021,” tegas Sudiarta. –Ngurah Budi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

To Top