Dara

Putu Arlik Purwaniti: Selalu Ingin Mencoba

Arlik bersama tim pramuka

Dara dari SMAN 1 Sukawati (Suksma) ini sudah meraih banyak prestasi juara dalam berbagai lomba, mulai dari lomba LKBB sampai lomba fashion show. Ia juga terpilih sebagai anggota Paskibra Provinsi Bali tahun 2016.

Berawal dari mengikuti ekstra pramuka, dara bernama lengkap Putu Arlik Purwaniti ini mulai menempa fisik dan mentalnya, sehingga menjadi orang yang percaya diri. “Mengikuti kegiatan pramuka melatih mental dan fisik saya. Saya aktif pramuka sejak SMA. Beberapa prestasi di bidang kepramukaan pun pernah saya raih,” ujar Arlik, sapaan akrabnya.

Siswi kelas XII IPA 6 Suksma ini ternyata tidak hanya aktif di pramuka. Ia pernah menjadi juara lomba mesatua Bali, juara Lomba Fashion Show Endek, Lomba Tata Busana Adat Bali dan juga masuk lima besar dalam pemilihan Jegeg Bagus Gianyar. Di sekolahnya sendiri, Arlik merupakan runner up 1 Jegeg Bagus Suksma 2016. “Saya pernah gagal dalam lomba tata busana. Tetapi, itu tidak membuat saya menyerah. Saya mencoba lagi hingga meraih juara. Jangan putus asa kalau belum berhasil. Selalu ingin mencoba merupakan pilihan saya. Sebelum mencoba, kita tidak akan pernah mendapat hasil yang diinginkan,” tegas dara kelahiran 11 Agustus 1999 ini.

Arlik yang menjabat sebagai Pradana Putri di Suksma termasuk siswa yang sangat aktif di sekolahnya. ia mengikuti ekstra pramuka, paskibraka, dan teater. Di tengah kesibukannya yang padat, ia harus pintar-pintar membagi waktu, agar semua kegiatan bisa terlaksana dengan baik. dengan demikian ia bisa menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal. Kiatnya untuk membagi waktu adalah dengan pintar-pintar menempatkan diri. Guru dan orangtua pun mendukung apa yang ia lakukan, karena semua berhasil dijalani dan membuahkan hasil.

“Prestasi yang saya raih tidak terlepas dari dukungan keluarga dan sekolah serta keberanian dalam mencoba hal yang baru dan kemauannya untuk terus belajar dan menambah pengalaman,” ujar anak pertama dari pasangan I Nyoman Arjawa dengan Ni Wayan Loji, yang tinggal di Gg Arjuna Desa Buruan, Blahbatuh-Gianyar ini.

Menurut penuturan orangtuanya, sejak kecil Arlik sudah menunjukkan bakatnya tampil di atas panggung. Sewaktu SD ia pernah meraih juara mesatua bali. Mentalnya semakin terasah sejak ia mengikuti ekstra pramuka. Sejak itu, alumni SMPN 1 Gianyar ini sering mengikuti berbagai lomba kepramukaan seperti LKBB dan kerap meraih juara. Keberhasilannya juga didukung oleh kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan menari Bali.

Berkat prestasinya dalam berbagai lomba, Arlik sering diminta untuk melatih para juniornya dalam kegiatan paskibra dan LKBB. “Sekarang saya duduk di bangku kelas XII, sedikit demi sedikit mulai mengurangi kegiatan di luar bidang akademis, dan fokus belajar untuk persiapan menghadapi ujian nasional,” tegas dara yang bercita-cita menjadi polwan ini. –Ekayana/Ngurah Budi

 

To Top