Sudut Pandang

Ngobrol Lucu dan Makan Bersama

Mira Kristina dan Putu Pertamawati

Silaturahmi pada saat hari raya merupakan momen yang paling dinantikan sekeluarga.  “Kami  bisa berkunjung ke rumah saudara,  saling maaf-memaafkan dan saling mengenalkan anak-anak agar lebih akrab dengan saudaranya,” ungkap Mira Kristina Agung, S.T.

Istri dr. I GN Darmaputra Sp.KK ini mengatakan, saat silaturahmi, mereka saling bercerita banyak hal. “Biasanya kami cerita  sekolah anak-anak dan  saling sharing cara merawat anak yang baik. Selain itu, yang paling seru, acara  makan bersama di rumah keluarga,” ujar Mira. Apalagi, kata dia,   mereka punya tradisi di keluarga kalau saat hari raya harus masak sendiri, bukan makanan dari restoran. “Tentu saja kami menyiapkan masakan yang enak hasil masakan sendiri,” kata Mira.  Tak lupa, hal yang selalu dilakukan adalah berfoto bersama sebelum pulang. “Foto-foto kami selalu simpan dengan baik untuk kenangan,” imbuhnya.

Menurut Mira yang paling berkesan, saat  silaturahmi dengan keluarga di luar kota.   “Kami bercerita banyak hal,  sampai ada saudara yang tertarik dengan usaha atau bisnis yang kami jalankan. Malahan dari ngobrol-ngobrol santai itu berujung menjadi bisnis bareng. Saudara kami yang tinggal di luar Bali ikut  mengembangkan usaha klinik kecantikan saya di tempat tinggalnya,” ucap Mira.

Sementara bagi dr. Putu Dian Ekawati, M.P.H.,  saat silahturahmi dengan keluarga, hal  utama yang dilakukan adalah saling maaf-memafkan, bersenda-gurau, saling berbagi kabar, saling memberi support dan sembahyang bersama.

Bagi dr. Dian, hal yang paling  berkesan saat silaturahmi ketika melihat keluarga yang  dikunjungi sehat. “Kami juga berbagi makanan spesial yang di bawa masing-masing,” ujarnya.

Menurut Ni Putu Pertamawati, S.E.,M.M., kebahagiaan saat silaturahmi karena masih diberikan kesempatan untuk  bersama-sama merayakan hari Raya Galungan dan Kuningan yang merupakan hari kemenangan Dharma melawan Adharma. “Biasanya kami  sembahyang bersama, kemudian menikmati banten yang  sudah dihaturkan dan saling maaf-memaafkan apabila ada kesalahan  yang  telah kami  perbuat sebelumnya baik yang sengaja maupun tidak sengaja,” ujar Pembantu Rektor II Universitas Warmadewa ini.

Bagi Pertamawati, pengalaman yang paling berkesan saat silahturahmi ketika  bertemu dengan keluarga yang jauh atau jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. “Saat mengobrol kami sambil makan jaja uli dan tape sembari bercerita lucu. Semua tertawa  lepas membuat  suasana  bahagia,” katanya sembari tertawa. (Wirati Astiti)

Paling Populer

To Top