Kata Hati

“Spirit, Skill, dan Stamina”

Puluhan Calon siswa SMA Taruna Mandara mengikuti boot camp

Memasuki tahun ajaran baru, sekolah akan membuka pendaftaran dan melakukan berbagai tes seleksi dalam perekrutan calon siswanya. Perekrutan juga dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Mandara yang pada tahun ini untuk pertama kalinya menerima siswa. Sekolah bentukan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika ini menerima sebanyak 90 orang  lebih pelamar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019. Puluhan pelamar itu pun mulai Kamis (7/6) mengikuti boot camp sampai dengan Jumat (8/6) siang.

Selama mengikuti boot camp  calon siswa dikenalkan kehidupan dan lingkungan sekolah yang berlokasi di Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng tersebut. Mereka juga akan mengikuti test wawancara diskusi, hingga test potensi. Gubernur Pastika selaku pendiri sekolah turut hadir untuk memberikan semangat kepada para pelamar agar menjadi orang yang tangguh.

Di hadapan puluhan calon pelamar, Gubernur Pastika mengajak agar anak-anak didik di SMA Taruna Mandara mampu menjadi pemimpin masa depan, dengan membentuk sumber daya manusia berkualitas, cerdas, tangguh, mandiri, berdaya juang tinggi dan berkarakter kuat. Untuk mencetak SDM yang berkualitas dan berkarakter tentu dibutuhkan tenaga pendidikan yang yang berkualitas juga. Guru-guru pengajar yang ada di SMA Taruna Mandara merupakan, orang-orang pilihan yang memiliki kualitas dan integritas tinggi. Sehingga diharapkan, mampu melahirkan siswa-siswa yang memiliki jiwa tangguh dan mampu bersaing secara global.

Selain didukung SDM yang berkualitas, tentu SMA Taruna Mandara bakal menerapkan kurikulum nasional serta bertahap akan diperkaya kurikulum internasional. Sehingga, memberikan peluang kepada siswa untuk mengikuti berbagai lomba tingkat internasional, serta setelah lulus mereka berpeluang diterima di perguruan tinggi internasional atau bekerja pada perusahaan internasional.

Sekolah gagasan Gubernur Pastika ini, mengambil tema “Spirit, Skill, dan Stamina”. Tujuannya, agar mampu menjadikan anak didik di SMA Taruna Mandara menjadi disiplin, pintar, tangguh. SMA ini memiliki kemiripan dengan SMA Bali Mandara dari segi sistem pendidikan. Namun, SMA Taruna Mandara tidak membatasi jumlah siswa yang ingin masuk. Melainkan siap menerima siswa sebanyak-banyaknya.

Sistem pendidikan yang diterapkan di SMA Taruna Mandara menyerupai di SMAN Bali Mandara. Di sekolah ini, akan dilengkapi dengan wifi. Sebab, di basic sekolah ini adalah e-Learning. Kelas disini kemungkinan akan kecil, beda dengan sekolah dulu kelas besar. Karena intinya, semua ruangan areal belajar.

Pembiayaan sekolah menerapkan sistem subsidi silang dalam hal pembayaran uang sekolah. Siswa yang tergolong tidak mampu akan dibebaskan uang sekolah, sementara itu siswa yang tergolong ekonomi cukup hanya melakukan punia ke yayasan.

 

Dewa Putu Artawan

Kepala SMA Taruna Mandara

Paling Populer

To Top