Sudut Pandang

Pola Makan Sehat Cara Menuju Hidup Sehat

Makanan sehat adalah salah satu faktor pendukung kehidupan kita. Makanan sehat ini pula yang akan menghasilkan energi juga  zat pengatur dan  zat pembangun tubuh lainnya. Ada juga yang menyebut makan sehat juga berarti tidak memiliki pola makan berlebihan pada siang dan malam juga tidak kekurangan nutrisi. Bagaimana pengertian makan sehat menurut Putu Diah Chandra Dewi, S.H., M.Kn., seorang personality development di Kota Denpasar..

Chandra pun sepakat kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup. Jika tetap sehat, maka setiap orang bisa melakukan aktivitasnya. “Untuk tetap sehat ternyata salah satunya bersumber dari sesuatu yang sangat sederhana yaitu ‘makanan’. Mengonsumsi makanan sehat bukan berarti berdiet, namun rahasia kesehatan tubuh manusia bersumber pada makanannya,” ujar  Chandra yang selalu tampil segar dan rapi ini.

Baginya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung serat dan bernutrisi. Artinya makanan tersebut memiliki kandungan enzim tinggi sehingga memberikan nutrisi pada tubuh. Banyak teori tentang kesehatan dan pengetahuan tentang makanan sehat yang memberitahu ini dan itu, untuk banyak tujuan. “Menurut saya, kalau makanan sehat seperti sayuran tidak diolah dengan bersih, maka tidak lagi menjadi makanan sehat karena debu, pestisida dan tanah masih melekat padanya. Apalagi sayuran dimakan mentah dan minim proses pengolahan (raw). Begitu pula cara memasak yang salah, bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut, ” papar Chandra.

Ia juga mengatakan tubuh manusia memerlukan enzim dan inilah  yang kita harus jaga. Sebab ketika  enzim dalam tubuh terpenuhi, tidak hanya kesehatan yang didapat, namun juga kulit halus, bersih dan wajah segar pasti dimiliki. Selain itu kesehatan usus juga perlu dipelihara, karena usus merupakan salah satu penyebab sumber penyakit. Makanan yang tidak dikeluarkan dan menumpuk dalam usus yang mengakibatkan suatu penyakit di kemudian hari biasanya keluar saat tua nanti.

Mengubah pola makan, tentu merupakan sebuah cara menuju hidup sehat. Pilihlah makanan yang akan kita konsumsi, agar tubuh merasa nyaman, terhindar dari risiko penyakit dan tentu akan punya lebih banyak energi untuk beraktivitas. “Kita yang bisa mengatur keperluan tubuh perihal berapa kalori yang masuk setiap harinya. Memang banyak sekali godaan di luar sana untuk makanan enak. Sebaiknya pintarlah memilih yang akan dikonsumsi. Misalnya pergi ke suatu undangan yang menyediakan berbagai macam makanan, kita tidak harus kalap mengambil semuanya. Pilihlah apa yang diperlukan tubuh, jika hari ini belum masuk protein, pilih makanan berprotein,” tuturnya .

Chandra juga mengatakan membuat pola makan sendiri juga merupakan cara lain menuju sehat. Membawa rantang atau bekal dari rumah, walaupun hanya makanan kecil seperti timun yang banyak mengandung kadar air. Perhatikan bahwa tidak semua sayur atau buah itu sehat, tidak semua buah bisa dimakan saat perut kosong atau dimakan dengan kulitnya. Atur jadwal makan, misalnya setiap 2 jam sekali makan porsi kecil. Hidup sehat bisa menstabilkan suasana hati dengan berpikir sehat, beristirahat cukup, mempunyai lingkungan yang sehat dan makan sehat. Itu adalah obat.

 

Tips Makan Sehat ala Putu Diah Chandra Dewi, S.H., M.Kn:

-Baru bangun tidur, tidak langsung makan dan minum.

-Pukul 8-9 pagi minum air putih hangat dengan lemon (1 liter)

-Pukul 9 pagi bisa makan putih telor, chia pudding, roti gandum topping almond butter, granola, yogurt plain

-Pukul 12-1 siang, konsumsi  nasi merah (porsi kecil), sayuran (semangkuk), ikan/daging (steam), tempe/tahu

(Sebelum makan, minum air putih dulu agar usus tidak kaget. Jadi selama makan tidak minum, tapi 20 menit setelah makan, baru minum).

-Pukul 2 siang minum 1 liter air

-Pukul 4-5 sore  camilan : kacang almond (5 biji), dark chocolate, energy balls (campuran kacang almond dan kurma), green juice, detox tea, air kelapa, buah

– pukul 6-7 sayuran & daging/ikan (no carbo)

-Pukul 8 stop makan

Catatan : Jika mengonsumsi krupuk, cukup 1 saja setiap hari (ukuran kecil/besar). Untuk mie, pilih yang gluten free atau soba buckwheat lebih sehat. Kesempatan untuk makan apa saja termasuk jajan-jajanan ada di pukul 4 sore. Namun tetap diingat porsi dan keperluan tubuh. Selalu pilih yang lebih sehat.  Zaman now , nasi bisa diganti dengan quinoa dan jika ingin ngemil selalu pilih pisang atau buah lainnya. ( Sri Ardhini)

 

 

Paling Populer

To Top