Bumi Gora

AKTIF MEWUJUDKAN GEN 2025, PKK NTB RAIH PENGHARGAAN

Dinilai paling progresif dalam mendukung dan berpartisipatif  dalam mewujudkan generasi Emas Nusa Tenggara Barat (GEN) 2025, Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, di bawah kepemimpinan Hj. Erica Zainul Majdi menerima penghargaan dari Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. Ketua Umum PKK NTB, Hj. Erica Zainul Majdi menerima penghargaan tersebut saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Nusa Tenggara Barat, minggu ini.

Progresivitas TP PKK NTB beberapa tahun terakhir memang terlihat dinamis. Berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terus dilakukan.  Salah satu aktivitas TP PKK NTB yang tidak pernah berhenti adalah memberi perhatian terhadap pencegahan pernikahan dini di kalangan anak-anak NTB. Pendewasaan usia pernikahan menjadi fokus dan perhatian utama PKK NTB. Organisasi ini terus bergerak dan gencar melakukan sosialisasi untuk mencegah terjadinya pernikahan dini di masyarakat.

Sosialisasi tentang penundaan usia perkawinan atau pendewasaan usia perkawinan dilakukan dengan sasaran khususnya kepada anak-anak muda untuk tidak melakukan pernikahan dini sebelum umur yang pas yakni umur 25 tahun untuk laki-laki dan 20 tahun untuk wanita.

Target yang ingin dicapai oleh TP PKK NTB adalah bisa memberikan pemahaman secepat mungkin kepada seluruh anak muda di NTB khususnya di perdesaan-perdesaan untuk tidak melakukan pernikahan dini. Semua itu dilakukan untuk mewujudkan generasi emas Nusa Tenggara Barat. Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) telah menjadi salah satu isu prioritas di NTB dan telah tercantum sebagai salah satu indikator pencapaian dalam RPJMD NTB Tahun 2013-2018.

Usai menerima penghargaan tersebut, Erica menyampaikan rasa syukur dan menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh kader PKK di kabupaten/kota se-NTB yang telah bekerja keras mendukung program pemerintah daerah. Terutama bagaimana mewujudkan generasi emas NTB tahun 2025 mendatang. “PKK akan terus melakukan ikhtiar-ikhtiar agar generasi selanjutnya lebih baik dari kita,” ungkap Istri Gubernur NTB tersebut.

Ia mengajak seluruh kader PKK untuk terus memperkuat kebersamaan dan kerjasama dalam mewujudkan 10 program PKK. Karena menurutnya, PKK lahir untuk mendukung program pemerintah, terutama bagaimana meningkatkan derajat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.  Erica meyakini peran PKK bagi pemerintah ke depan akan semakin besar. Apalagi presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. “Salah satu isinya adalah peningkatan anggaran untuk PKK,” katanya. (Naniek I. Taufan)

Paling Populer

To Top