Woman on Top

Yuliningsih: Berbekal Resep Warisan

Jalan kehidupan manusia berbeda beda. Ada yang terjal dan ada yang landai-landai saja. Adalah Yuliningsih seorang sales alat rumah tangga yang mengalami persoalan ekonomi dalam keluarganya. Anaknya kembar lahir secara premateur. Kondisi ini menyebabkan perempuan yang tinggal di Lakarsantri ini harus menanggung utang hingga Rp 40 juta.

Beban berat yang dialami oleh Yuliningsih, memaksa alumnus SMA Kencong ini untuk berpikir keras mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Setelah berdiskusi panjang dengan Winarso, suaminya, Akhirnya dia memutuskan untuk berwirausaha membuka usaha pembuatan egg roll.

“Saya memberanikan diri untuk membuka usaha egg roll berbekal resep warisan turun temurun  dari keluarga” kata Yuliningsih yang juga owner egg roll UKM Cita Rasa Alami.

Setelah tiga tahun menjalankan usaha pembuatan egg roll dibawah bimbingan dan arahan  program Pahlawan Ekonomi, bisnis yang digelutinya berkembang sangat pesat. Dia mampu melepaskan diri dari utang yang selama ini melilitnya.

Dari produk yang dibanderol dengan harga jual Rp 25.000 untuk kemasan box dan Rp 35.000 untuk kemasan tabung, dia  mampu mencapai omzet  Rp 40 juta sampai Rp 45 juta perbulan. “Produk saya dipasarkan oleh Lapis Kukus Surabaya dan Rumah Kreatif Mandiri,“ jelas Yuliningsih yang juga narasumber pelatihan di berbagai instansi pemerintah.

Karena seringnya mengikuti pameran di luar kota, maka egg roll Ricetta buatan Yuliningsih tidak hanya beredar di Surabaya tetapi juga sudah merambah Semarang, Jakarta, Manado, hingga Singapura.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini, memberikan perhatian tersendiri kepada Yuliningsih, Risma  menyarankan untuk melakukan inovasi pembuatan egg roll semanggi sebagai bentuk kepedulian terhadap kearifan lokal serta sebagai oleh-oleh khas Surabaya. “Keinginan saya sederhana, produk saya diterima pasar dan omzet meningkat. Sehingga perekonomian keluarga saya bisa menjadi lebih baik lagi,“ jelas Yuliningsih. (Nanang Sutrisno/Bisnis Surabaya)

Paling Populer

To Top