Kuliner

Churros: Kue Kering Bertabur Gula

Churros

Pedagang makanan kian kreatif. Ada saja ide untuk disajikan dan dijual kepada pecinta kuliner. Salah satunya gerai yang menjual churros. Dari beberapa referensi, ada yang mengatakan kue kering ini berasal dari Meksiko, tetapi ada juga yang mengatakan dari Spanyol. Darimana pun asalnya, kue ini bisa dinikmati di Denpasar.

Churros sepintas mirip dengan sus kering berbentuk panjang. Bedanya, kue sus kering dipanggang sedangkan churros digoreng. Bahan bakunya yang sama. Bahkan kini sudah tersedia mesin pengolah yang bisa mengeluarkan adonan berbentuk sus panjang.

Adonan churros dipotong sepanjang 20 cm atau sesuai keinginan lalu digoreng. Proses menggorengnya tidak terlalu lama. Usai ditiriskan, kue ini ditaburi topping. Ada pilihan gula halus dan gula bubuk kayu manis. Selanjutnya churros sudah bisa dinikmati sambil mencelupkannya ke saus cokelat. Perpaduan kue kering yang lembut dan berasa manis berpadu dengan cokelat kental.

“Anak-anak suka cokelat. Tiap ketemu penjual churros pasti beli. Porsinya juga pas untuk anak-anak sebagai camilan,” ujar Dewi yang membeli churros di lorong yang menjadi akses parkir menuju Level 21 Denpasar.

Churros  yang dibuat di rumah juga cukup awet disimpan dalam toples dalam keadaan kering tanpa taburan gula atau celupan cokelat. Begitu adonan digoreng lalu ditiriskan hingga minyaknya habis. Selanjutnya simpan di toples. (Ngurah Budi)

Paling Populer

To Top