Inspirasi

ZASKIA GOTIK: Perjuangan  Wujudkan Mimpi

zaskia di antara teman-temannya; ruben onsu, ayu ting ting dan okan

Meskipun barangkali dulu Zaskia Gotik tidak pernah membaca tentang pentingnya seorang memiliki mimpi besar namun dalam kenyataan dia telah mempraktekkannya. Sejak kecil dia telah memiliki mimpi besar menjadi penyanyi  dangdut kenamaan yang dikenal seantero negeri. Sebagian kenalannya mencemooh mimpinya. Nggak heran karena ketika ia mengutarakan mimpinya saat itu dia bukanlah siapa-siapa. Hanya penyanyi kelas ‘kampung’ yang menyanyi dari satu panggung ke panggung lain. Bahkan dari latar belakang keluarga yang biasa pula.

Ia berasal dari keluarga sederhana cenderung miskin. Ibunya sehari-hari berjualan. Sedang sang ayah bekerja serabutan. Karena hidup pas-pasan itulah maka dia tak bisa sekolah dengan baik. Terpaksa harus membantu orangtua berjualan jajanan. Tapi dia memiliki keistimewaan yakni parasnya yang cantik dan suaranya yang merdu. Keistimewaan itulah yang dikemudian hari menghantarnya meraih kesuksesan.

“Hidup neng dulu susah, berat. Neng  bukan dari keluarga berada, malah sederhana sekali. Untuk makan saja susah. Tapi neng berjuang keras, kerja keras agar bisa membantu keluarga. Neng nggak pernah putus asa meski sering nangis karena banyak yang suka mencemooh,” ungkap Zaskia Gotik yang kerap menyebut dirinya ‘neng’, tentang masa lalunya. Untuk diketahui, neng atau eneng adalah panggilan dalam bahasa Sunda untuk anak gadis perempuan. Zaskia Gotik sendiri adalah nama panggung sementara nama aslinya adalah Surkianih.

Dulu, kata pelantun single ‘Satu Jam’ ,  meski banyak orderan menyanyi dari panggung ke panggung bukan berarti bayarannya banyak.  Malah  pernah ia menyanyi ke sana-kemari seharian bahkan sampai dini hari hanya bawa pulang uang Rp100 ribu. “Tapi neng tetap bersyukur ada rejeki yang dibawa pulang,” ungkapnya. “Neng ambil positifnya aja. Biar Cuma dibayar segitu (sedikit) tapi neng bertambah pengalaman, jadi jalani saja semuanya,” tambah perempuan cantik ini.

Perjuangan kerasnya membuah hasil, ada produser meliriknya dan menawarkan kontrak dua album sekaligus. Tapi bukan sebagai penyanyi solo melainkan duet dengan sebutan ‘Sinden Imut’.  Namun  duet itu tak bertahan lama, gadis kelahiran April 1990 ini pun hengkang dan meniti karier sebagai penyanyi solo. Perlahan, namanya pun mulai beken di kalangan pencinta dangdut, dia juga sering tampil menyanyi di televisi.

Tapi namanya baru benar-benar ‘hits’ ketika dia kerap muncul di tayangan infotainment terkait kedekatannya dengan Vicky Preasetyo yang ketika itu dikenal sebagai pengusaha muda. Pesta pertunangan keduanya digelar mewah di hotel berbintang. Namun hubungan keduanya hanya bertahan sebentar menyusul kabar bahwa ternyata Vicky masih beristri. Ditambah lagi kemudian Vicky terlibat kasus penipuan yang membuatnya mendekam di penjara.

Pemilik ‘goyang itik’ ini pun sangat terluka dan putuslah pertunangan mereka. Namun boleh dibilang ada‘blessing in disguise’bagi Zaskia atas peristiwa menyedihkan itu. Pasalnya,  sejak kejadian tersebut  namanya menjadi benar-benar moncer. Tawaran manggung mulai dari on air sampai off air membanjir, belum lagi undangan sebagai bintang tamu  di acara-acara tv lainnya mengalir deras.Wajahnya pun kerap muncul dalam tayangan infotainment. Media memang menyenanginya karena selain ramah dia juga sederhana, bicaranya pun ‘polos-polos’ saja. Pendek kata, Zaskia bukan hanya ngetop tapi ‘koceknya tebal’.

 

KELUARGA ADALAH YANG UTAMA

Hasil dari kerja kerasnya, kata Zaskia, ditabung juga diinvestasikan dalam berbagai bentuk. Tapi, katanya, yang utama adalah untuk keluarganya. Adalah sebuah kebahagiaan tersendiri baginya karena setidaknya dari kerja kerasnya bukan hanya bisa mencukupi kehidupan keluarganya tapi juga bisa menyekolahkan kedua adiknya hingga ke bangku universitas. “Sekolah neng memang tidak tinggi tapi neng ingin adik bisa  kuliah. Nah semua itu neng persiapkan (biaya),” ujar Zaskia yang sepanjang kariernya telah meraih sejumlah penghargaan di antaranya Indonesia Dangdut Award dan Inbox Award.

Tak hanya itu yang dilakukannya untuk membahagiakan keluarga, khususnya kedua orangtuanya, ia menyediakan rumah yang besar dengan segala fasilitasnya. “Itu memang mimpi neng sejak lama. Selain menaikkan haji orangtua juga memberikan rumah,” kata Zaskia. Dan mimpi itu benar-benar diwujudkan Zaskia pada Januari 2018 lalu. Sebuah rumah mewah konon bernilai Rp 5 miliar,  di lahan seluas 500 M2 dipersembahkan pelantun ‘Cukup 1 Meni’ ini untuk orangtuanya. “Alhamdulilah, sudah terwujud. Masih banyak mimpi neng , insyaallah diberi jalan oleh yang di Atas,” ucapnya.

Ditanya tentang apa mimpi-mimpinya yang lain, penyanyi yang kerap tampil di acara Pesbukers bersama Raffi Ahamd, tidak menyebut secara jelas. Namun, katanya, yang pasti semua yang ingin dilakukannya adalah untuk kebahagiaan orangtua. “Pokoknya untuk bekal orangtua di masa tua juga buat adik-adik,” tambah Zaskia yang sempat menjadi juri dalam ajang D’Academy.

Tentang rencana pernikahannya dengan Ryan (Arief Fitriyansyah) yang dulu sempat digembar-gemborkan yang berakhir berantakan alias putus, Zaskia yang sempat tampil dalam sinetron ‘Siapa Suruh Datang Jakarta’ mengaku tak mau memikirkannya. Sekarang ini, ia tengah menikmati kesendiriannya dan enjoy dengan itu. “Single, happy nggak ada masalah,” katanya.

Sekarang ini, tambahnya, dia tak mau memikirkan mencari pasangan pengganti ataupun menikah. Jika sudah waktunya, ujarnya, pasti Yang Maha Kuasa akan memberi. Jadi sekarang yang terbaik baginya adalah terus berkarya sebaik mungkin. Apalagi, mempertahankan karier agar tetap eksis bukan hal yang mudah di tengah ketatnya persaingan di dunia hiburan. Karena itu dia ingin fokus.

Jika menengok ke belakang melihat perjalanan kariernya, katanya, dia tak putus-putusnya bersyukur atas hasil yang dicapainya.  Dari sana juga dia mengambil hikmah bahwa jangan pernah lelah untuk berjuang, jangan pernah putus asa sekalipun dalam prosesnya ada banyak air mata dan kesusahan.

“Terus terang saja ya, neng tuh bisa sampai seperti ini (sukses), nggak pernah nyangka. Memang ini sudah menjadi mimpi (penyanyi sukses) eneng sejak kecil tapi nggak nyangka akhirnya bisa terwujud. Namanya mimpi, setiap orang kan pasti punya keinginan, punya mimpi. Cuma neng punya keyakinan, yang penting maju terus, berjuang terus, kerja keras. Neng berjuang dari nol kecil, naik ke nol besar, terus meningkat sampai akhirnya dapat beberapa penghargaan. Pokoknya jangan putus asa. Kalau nangis karena ini-itu ya ada aja, tapi kan nangis terus menerus nggak jadi duit,” ujarnya sambil tertawa. ( Diana Runtu)

Paling Populer

To Top