Kolom

“DESAIN”

Salam Unique

Berbicara tentang perhiasan yang berbahan baku dari emas dan perak tentu tidak lepas dengan hal-hal yang  mendasarinya. Setelah puluhan tahun punya pengalaman di bidang perhiasan, pemilik dari ‘UC Silver’, Nyoman Eriawan memberikan gambaran bahwa perhiasan yang diproduksi  dari bahan baku tersebut tidak pernah lepas dari tiga faktor ini. Pertama adalah desain (design), kedua adalah kualitas (quality ) yang tentu erat dengan bahan baku, dan terakhir adalah harga (price).

Kita mulai dengan desain. Prinsip sebuah desain adalah menjual hasil dari kreativitas yang tinggi. Bagaimana hasil karya tersebut baik (indah) dan juga dapat disenangi bahkan dikagumi oleh pembeli. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya akan  memerlukan ‘sumber daya manusia’ yang bertalenta tinggi. Di negara lain, banyak yang  sudah menyediakan sekolah khusus untuk mencetak para pendesain perhiasan. Namun, tidak demikian yang terjadi di Indonesia.

Untuk  menemukan seorang  desain sebuah perhiasan yang sudah ahli, expert, masih sangat sulit. Banyak dari mereka hanya otodidak. Dimana mereka belajar tanpa guru dan hanya mengandalkan kemampuan sendiri dalam berkarya. Kenapa hal itu diperlukan? Karena  industri perhiasan ini sudah sangat berkembang pesat. Tentu memerlukan orang yang bertalenta tinggi namun juga  mampu menggunakan teknologi yang canggih untuk mewujudkan hasil karya yang sempurna..

‘UC Silver’ sebagai salah satu destinasi wisata yang sudah sangat terkenal,  tidak membiarkan begitu saja menghadapi  kesulitan dalam mempersiapkan para desainer khusus perhiasan.  Hampir dari lima belas tahun yang lalu ‘UC Silver’ sudah mulai mengirimkan karyawan yang mempunyai talenta tinggi di bidang desain untuk memperdalam ilmu mereka  ke luar negeri. Khususnya memperdalam untuk mempelajari seni desain perhiasan di negara tetangga seperti ke Cina, Thailand, dan lain sebagainya.

Tujuannya membuka wawasan mereka terhadap seni desain perhiasan dunia, dan akan siap bersaing untuk mengasilkan karya yang terbaik . Langkah ini sangat penting dilakukan oleh ‘UC Silver’. Karena dengan adanya seorang ahli  desainer perhiasan, tentu akan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen yaitu  para wisatawan yang datang dari mancanegara.

Nyoman Eriawan selaku pemilik dan sekaligus desainer yang mempunyai talenta lebih di bidang ini, memberikan gambaran, bahwa untuk  mewujudkan  desain sebuah perhiasan dan dapat menarik para pembeli, salah satunya adalah bagaimana desain sebuah perhiasan menyesuaikan dengan iklim atau musim di negara tersebut. Karena desain ini akan dinikmati oleh berbagai asal wisatwan, maka selanjutnya desain haruslah dapat menyesuaikan juga  dengan culture atau budaya dari asal para wisatawan. Seperti contohnya, ketika wisatawan Eropa memilih desain perhiasan,  akan beda cara memilihnya  dengan wisatawan yang datang  dari Amerika.

Desain juga dapat diumpamakan sebuah mata panah. Jika  hanya busurnya saja yang bagus, tetapi mata panahnya tidak baik,  maka panah itu tidak akan dapat melesat dan berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan perhiasan. Ketika hanya bahan bakunya saja yang baik, tapi desainnya kurang baik, maka perhiasan terebut akan menjadi kurang diminati oleh pembeli.

Dengan situasi yang terjadi saat ini, maka ‘UC Silver’ mengharapkan  pemerintah Indonesia dapat membantu langkah menciptakan para desainer perhiasan. Diantaranya dengan membuka sekolah khusus desain perhiasan, dengan tujuan dapat menunjang dalam menyediakan ‘sumber daya manusia’ yang ahli dan  siap bersaing,  sejalan dengan pesatnya perkembangan industri perhiasan saat ini.  Semoga…  (bersambung)…

Tentu mulai penasaran. Apa saja yang akan kami tulis untuk kolom ini selanjutnya. Nantikan tulisan kami setiap dua minggu sekali,  kami akan hadir di kolom ‘I AM UNIQUE’ yang membagi informasi secara detail  tentang UC Silver. Bagaimana cara memilih kualitas perhiasan. Apa dan dari apa saja bahannya, bagaimana gambaran dan desain keunikannya, apa saja hasil karya, bahkan sampai filosofi keunikan dari masing-masing karya yang tercipta, dan lain sebagainya. Ada yang penasaran juga tempatnya dimana?  Silahkan langsung kunjungi tempat produksi dan galery kami di Jalan Raya Batu Bulan Gg. Candrametu Nomor 1, Batu Bulan Gianyar 80582. Nomor telepon (0361) 461511  Atau, kunjungi website kami di www.uc-silver.com

I am Unique I am Happy

UC Silver Bali

info@ucsilverbali.com

 

Paling Populer

To Top