Kuliner

Membuat Salad Buah atau Sayuran yang Sehat

Tips dalam membuat salad buah dan sayuran sederhana dan sehat antara lain adalah:

Pilih buah atau sayuran sesuai selera

Saat berdiet ada baiknya memilih makanan yang disukai. Tidak perlu memaksakan mengonsumsi makanan yang tidak disukai yang akhirnya timbul rasa terpaksa dan tidak nyaman. Karena perasaan itu memengaruhi keberhasilan proses diet.

Buah dan sayur pada dasarnya boleh dikonsumsi sebanyak mungkin saat berdiet. Namun ada baiknya anda juga memperhatikan jenis buah atau sayuran yang dipilih setiap sekali membuat salad. Idealnya Anda mencampurkan 3 hingga 4 jenis buah dalam satu mangkuk salad buah. Semakin bervariasi warna buah yang digunakan, semakin banyak manfaat variasi zat gizi dan antioksidan yang diperoleh dari salad buah atau sayuran tersebut.

Potong Buah

Jika biasanya cara membuat salad buah sederhana untuk diet hanya dengan memotong buah dengan bentuk dadu, anda dapat membuat variasi potongan buah agar tidak bosan. Beberapa bentuk potongan buah itu seperti bulat dan segitiga.

Jika yang dibuat adalah salad sayur, Anda harus mem-blanching beberapa jenis sayuran yang tidak biasa dikonsumsi mentah. Memasak sayuran akan melunakkan kerangka selulosanya dan membuat sayuran tersebut lebih mudah dikunyah serta dicerna oleh enzim-enzim pencernaan.

Pilih saus yang sesuai

Umumnya yang digunakan sebagai saus salad adalah mayonnaise. Khusus salad buah dan sayuran untuk diet, hindarilah penggunaan mayonaise sebagai saus saladnya. Mayonnaise terbuat dari kuning telur ayam mentah, minyak sayur, mustard, garam serta gula yang justru akan membuat diet menjadi tidak efektif. Sebagai pengganti mayonnaise bisa digunakan yoghurt. Yoghurt dibuat dengan menambahkan bakteri khusus yang dapat memfermentasikan laktosa susu sehingga menghasilkan asam laktat. Aroma yoghurt kadang-kadang dimodifikasi dengan penambahan bahan-bahan seperti gula dan sari buah.  Nilai gizi yoghurt serupa dengan susu yang merupakan konstituen dasarnya. (Ngurah Budi)

Paling Populer

To Top