Kuliner

Salad Buah dan Sayuran untuk Diet Sehat

Salad merupakan kudapan lezat yang bergizi, karena terdiri atas berbagai buah-buahan atau sayuran yang bergizi tinggi. “Salad yang sehat, baik dikonsumsi bagi yang tetap ingin makan namun tidak ingin berat badannya bertambah. Bisa juga dikonsumsi bagi yang sedang dalam program diet atau ingin menjaga berat badan ideal namun ingin menikmati camilan yang lezat namun menyehatkan, ujar Dr. I Putu Suiraoka, SST., M. Kes., dosen Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar.

Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran, buah-buahan dan bahan-bahan makanan siap santap lainnya. Salad menurut The Dictionary of American Food and Drink adalah makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan buah-buahan atau bahan siap santap lainnya. Menurut sejarah, salad telah dikonsumsi orang Romawi dan Yunani kuno. Kata salad berasal dari Bahasa Latin “sal” yang berarti “garam, yang pada saat itu merupakan bumbu penting untuk memberi rasa bagi makanan. Kata “sal” diserap ke dalam Bahasa perancis kuno menjadi salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi salad atau sallet.

“Sebenarnya bukan hanya orang Barat yang mempunyai hidangan salad. Di Indonesia pun ada beberapa makanan berupa salad. Salad Indonesia memiliki variasi yang banyak dari resep-resep di berbagai daerah. Beberapa salad asli Indonesia antara lain gado-gado, asinan bogor, karedok, pecel semanggi, rujak buah, dan lainnya,” kata Suiraoka.

 

Salad untuk Diet Sehat

Sebelum memahami kaitan antara salad dengan diet sehat, perlu dipahami dulu pengertian tentang diet. Kata diet dapat bermakna negatif bagi sebagian orang yang belum paham tentang maknanya. “Mereka menganggap diet sebagai pengaturan makan yang sangat menyiksa dengan makan ini dan itu bahkan dilarang untuk makan makanan yang sangat disukai,” ujarnya.

Diet adalah pengaturan pola makan untuk membentuk tubuh ideal. Dahulu sekali saat pertama kali diperkenalkan banyak orang berdiet untuk menggemukkan badan. Mereka mengatur  pola makan agar mendapatkan tubuh berisi dan ideal. Namun seiring dengan perjalanan waktu diet diartikan sebagai pengaturan pola makan dalam upaya menurunkan berat badan.

Diet  sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianutnya. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, sekelompok masyarakat dapat juga memiliki preferensi (kesukaan) atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.

Dalam perkembangannya, diet dalam konteks upaya mengatur asupan gizi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu menurunkan berat badan, meningkatkan berat badan, dan pantang terhadap makanan tertentu misalnya bagi penderita penyakit-penyakit tertentu harus menghindari atau membatasi asupan makanan tertentu.

“Pada dasarnya komponen sayur dan buah pada salad sangat bermanfaat bagi diet sehat. Sayur dan buah mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh di samping zat gizi mikro lainnya. Vitamin dan mineral mempunyai peran penting bagi metabolisme, pencegahan penyakit dan peningkatan daya tahan tubuh. Sayur dan buah juga mengandung serat. Serat dalam makanan memberikan pengaruh baik terhadap fisiologi saluran pencernaan,” jelas ahli gizi yang gemar fotografi ini.

Suiraoka mengatakan semua buah baik dan kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Semakin beragam warna buah yang kita konsumsi semakin banyak variasi zat gizi maupun antioksidan yang diperoleh.

Di samping buah, cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi beragam sayuran. Aneka sayuran memiliki kandungan vitamin, mineral yang tinggi namun umumnya rendah energi. Hal ini membuat sayuran menjadi asupan terbaik untuk menu diet setiap hari. Sayuran tidak hanya sangat membantu dalam program diet, namun juga memberikan berbagai manfaat lain untuk menjaga kesehatan dan juga mengatasi berbagai penyakit. Sayuran akan membuat peredaran darah menjadi lancar, meningkatkan kinerja sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan detoksifikasi dan berbagai manfaat lain.

Beberapa jenis buah dan sayuran yang baik sebagai bahan salad untuk diet sehat adalah apel, stroberi, tomat, brokoli, wortel, kembang kol, mentimun, buncis, kol merah, dan selada. (Ngurah Budi)

 

Paling Populer

To Top