Metropolitan

Meneropong Bisnis di Tahun Anjing Tanah: Properti akan Menanjak

Gunadi Wijaya

Sebentar lagi  atau tepatnya  16 Februari kita  akan memasuki ‘Tahun Anjing Tanah’ atau dalam penanggalan Cina adalah tahun 2569. Bagaimana peruntungan ‘Tahun Anjing Tanah’ akankah lebih baik dari tahun sebelumnya yang bershio ‘Ayam Api’ atau malah biasa saja atau justru malah ciong (apes).  Bagaimana situasi perekonomian Indonesia, akankah lebih baik dibanding tahun kemarin.

Lalu situasi keamanan secara umum seperti apa, karena diketahui bahwa 2018 ini merupakan pertama kalinya digelar pilkada serentak di seluruh Indonesia. Potensi ‘gesekan’ antara kelompok seolah sudah di depan mata, bagaimana mengantisipasinya agar situasi hingar-bingar Pilkada itu tidak berkembang menjadi ancaman serius pada keuntuhan NIKRI.

Betapa pun, masyarakat Indonesia tidak akan lupa apa yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta yang belum lama berlalu. Pilkada yang disebut-sebut sebagai pilkada paling ‘brutal’ sepanjang sejarah pesta demokrasi ini menimbulkan trauma yang dalam bagi sebagian masyarakat dan  masih terasa sampai sekarang.

Gunadi Wijaya, pakar feng shui secara garis besar menguraikan hasil ‘teropongnya’ tentang apa yang kemungkinan bakal terjadi. Menurutnya secara ekonomi, kondisi perekonomian nasional masih sama seperti tahun 2017 lalu. Pertumbuhan tetap ada, namun tidak seberapa. “Artinya, masyarakat tetap harus mengikat pinggang erat-erat seperti tahun sebelumnya. Namun kalau ditanya apakah jelek atau tidak, ya tidak juga. Biasa saja lah. Kita kan sudah mengalaminya jadi sudah tahu bagaimana rasanya. Yang penting hati-hati, baik dalam tindakan maupun ucapan,” ungkap Gunadi mengingatkan.

Meski kondisi pertumbuhan tidak terlalu signifikan, namun dibanding dengan negara lain di Asia, Indonesia masih lebih bagus. “Kalau pertumbuhan ya kurang lebih samalah dengan tahun kemarin,” ucapnya.

Dalam pandangannya sejumlah bisnis yang tahun 2018 bakal lumayan di antaranya yang mengandung unsur tanah, properti misalnya. Kalau dua tahun kemarin bisnis properti ‘nyungsep’ maka tahun Anjing Tanah ini akan merangkak naik. “Jadi bagi yang punya uang, sekarang adalah kesempatan membeli properti. Bisnis properti ini perlahan akan terus menanjak dan sampai pada puncaknya pada 2025 nanti,” ujar Gunadi.

Bisnis berunsur kayu juga punya potensi bagus di tahun ini seperti, pertanian, kehutanan, dll. “Agar mendapat hasil yang bagus pada bisnis berunsur kayu harus ada restrukrisasi dan efisiensi,” ucapnya. Bisnis berunsur api juga akan bagus di tahun ini, hanya saja ada syaratnya, yakni harus  penuh kreasi untuk bisa dapat hasil yang bagus.

“Misalnya bisnis kuliner, ini kan berunsur api. Maka agar mencapai hasil yang bagus harus penuh kreasi. Seperti yang sudah berjalan selama ini, ada banyak bisnis kuliner kreatif dan menarik, ini masih akan berlangsung hingga tahun ini. Jadi bisnis kuliner yang biasa-biasa saja nggak akan mendapat hasil yang bagus. Tahun ini orang dituntut kreatif, inovatif untuk bisa bertahan,” tambahnya.

Untuk bisnis berunsur air seperti perikanan, ekspor-impor, minuman, dll, akan kurang bagus. “Tahun ini kan ‘dikuasai’ oleh elemen tanah. Air  yang melambangkan rezeki kurang cocok dengan elemen tanah karena tanah mem-blok air. Jadi bisnis yang berunsur air akan cukup berat di tahun ini,” jelasnya. (Diana Runtu)

Paling Populer

To Top