Edukasi

Tingkatkan Pengelolan PAUD

Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Sujati Suradnyana saat membuka Penilaian apresiasi Bunda PAUD DesaKelurahan Berprestasi Tingkat Kabupaten Buleleng

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga ( Disdikpora) Buleleng terus berupaya meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan  cara melakukan integrasi Posyandu-PAUD. Melalui Disdikpora, peningkatan untuk mencapai APK 80 persen terus dilakukan. Saat ini APK Buleleng sudah mencapai 75,07 persen.

Kepala Disdikpora Buleleng Drs. Gede Suyasa menjelaskan PAUD merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, prilaku, bahasa dan komunikasi sesuai degan keunikan demi tahap perkembangan yang dilalui anak. “Saat ini APK PAUD Buleleng mencapai 75.07 persen, namun demikian kita harus terus meningkatkannya hingga 80 persen pada 2018,”demikain diungkapkan Kepala disdikpora Buleleng Drs. Gede Suyasa  M.Pd. Senin (27/11).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Sujati Suradnyana saat membuka Penilaian apresiasi Bunda PAUD Desa/Kelurahan Berprestasi Tingkat Kabupaten Buleleng meminta Agar para pengelola PAUD dalam melakukan pengelolaannya didasari atas tanggung jawab, terus berupaya memberikan bimbingan, dan binaan bagi anak didik dengan baik agar PAUD yang merupakan pendidikan dasar terus berkembang. “Pengelola dan mitra PAUD di daerah   perlu membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) yang berasal dari Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI), Badan Pengelola Taman Kanak-Kanak Indonesia ( BPTKI), Forum PAUD, dan TP-PKK,” pintanya.

Menurutnya, PAUD merupakan pembinaan yang dilakukan terhadap anak hingga usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, tujuannya adalah agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut atau Sekolah Dasar (SD).

Lebih lanjut, Aries Suradnyana mengatakan mengatakan bahwa pembinaan PAUD akan semakin baik dengan sinergitas antara dinas pendidikan dengan mitra PAUD, terutama dengan adanya Sekber untuk pembinaan PAUD di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten dan kota. “Dengan adanya Sekber maka pembinaan PAUD Buleleng akan berjalan semakin baik,”pungkasnya. (Wiwin Meliana)

 

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas