Inspirasi

Si Manja yang Kaya Warna

Jika melirik toko-toko bunga, keberadaan bunga krisan (bunga seruni) hampir selalu mewarnai. Sepertinya saat ini krisan menjadi bunga potong populer bersanding dengan bunga mawar potong. Hal ini dikarenakan bunga krisan memiliki beberapa keunggulan yaitu kaya warna yang cantik dan tahan lama. Ada beberapa warna krisan, di antaranya merah marun, kuning, putih, oranye, dan ungu.
Menurut Komang Sulatra (27), karyawan Bagus Green Garden yan berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar, bunga krisan banyak disukai konsumen terutama ibu-ibu, yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam pot. Tanaman berbunga ini tergolong dalam genus Chrysanthemum dan keluarga Asteraceae. “Tanaman ini manja, kebanyakan air busuk, kurang air layu,” ujarnya. Karena itu, untuk perawatannya cukup dipupuk 2 minggu sekali dan penyiraman dua hari sekali. Cara penyiramannya pun harus hati-hati. “Jangan sampai mahkota bunganya kena air biar tidak cepat busuk. Jadi biar aman, cara menyiramnya, masukkan pot dalam genangan air,” jelasnya.
Selain bunganya tak boleh kena air, disarankan pula tanaman ini tak terpapar sinar matahari langsung. “Karena itu, saya sarankan diletakkan di dalam ruangan,” imbuhnya. Di stand bunga ini, media tanam bunga krisan memakai sekam bakar. Sekam bakar sifatnya lebih kering dibandingkan dengan sekam biasa yang karakternya terlalu lembab sehingga membuat akar cepat busuk.
Masa kembang bunga krisan, dikatakan pria asal Selat, Karangasem ini bisa bertahan sampai dua minggu. Untuk pembibitan krisan yang tergolong tanaman rumpun ini, dilakukan dengan sistem penyepihan. Namun, Komang Sulatra belum bisa memastikan harus menunggu berapa lama untuk masa berbunganya. “Ini saja sudah 2 bulan disepih belum berbunga,” ujarnya sembari menunjuk beberapa batang tanaman krisan yang belum berbunga. Sementara untuk satu pot bunga krisan ditawarkan di angka Rp 35 ribu. (Inten Indrawati)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas