Surabaya

Seniman Perlu Ruang Tumbuh

Seni pertunjukan terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Namun hal ini tidak dibarengi dengan regenerasi kreator muda yang mampu terus konsisten berkarya sekaligus membangun komunitas seni di lingkungannya.
Hal ini disampaikan Garin Nugroho pada program “Ruang Kreatif : Bincang Seni Pertunjukan Indonesia” yang digagas oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan Garin Nugroho, pekan lalu.
Garin mengatakan seni pertunjukan yang ada di negara ini memerlukan ruang-ruang pertumbuhan seperti ruang kreatif. Karena bakat-bakat, sumber daya manusia dan keinginan merepresentasikan diri anak muda sangat tinggi namun ruang tumbuh tidak sebanding dengan apa yang disebut sumber daya manusia, bakat-bakat dan keinginan untuk berekspresi dan berkreasi.
“Tanggung jawab kita carikan ruang tumbuh bagi anak-anak muda Indonesia berkreativitas,”paparnya.
Percepatan teknologi baru, disebut Garin, telah menimbulkan gegar budaya teknologi sehingga regenerasi mengalami kesulitan. Untuk itu, tugas utama pihaknya adalah merekatkan dengan workshop guna memberikan apresiasi pada anak-anak muda sehingga tidak menimbulkan sejarah yang terputus.
Pemerintah sebenarnya tertarik pada ruang-ruang tumbuh, namun tidak mungkin semua dikelolanya. Sekarang politik lebih banyak tapi pelayanan pada ruang tumbuh agak terabaikan.
”Kita ambil bagian untuk mendorong ruang-ruang pertumbuhan itu. Jika tidak, akan terjadi pertumbuhan komunitas seni dan teknologi yang luar biasa sekali tapi ruang-ruang pertumbuhan tidak terjadi sehingga tidak menghasilkan produktivitas. Saat ini era komunitas, tapi ruang tumbuh mengekspresikan sangat minim dan harus diseimbangkan,”ujarnya.
Berangkat dari hal tersebut, pihaknya mengadakan program ruang kreatif yang mencari bakat-bakat para seniman muda baru di dunia seni. Harapannya, melalui program ini dapat melahirkan para seniman muda Indonesia di dunia seni pertunjukan yang mampu bersaing dengan seniman yang ada di dalam maupun luar negeri.(Lely Yuana)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas