Surabaya

Salurkan Hobi dengan Kolam Pancing

Bagi para penghobi memancing memang sangat mengasyikan. Tidak bisa dimungkiri bahwa hobi memancing saat ini meningkat tajam. Hal ini tidak disia-siakan oleh pengusaha yang melirik kesempatan dan berinvestasi di bidang ini.
Meski bisnis ini tergolong tidak murah, namun tetap banyak pengusaha yang tetap berinvestasi di bidang ini karena sangat potensial. Walaupun demikian, pengusaha harus memperhitungkan untung rugi dari setiap usaha yang akan dibangun.
Dahulu mancing identik hanya dilakukan oleh nelayan di laut sebagai mata pencarian atau sumber rezeki. Kini, memancing bukan hanya millik para nelayan, masyarakat umum pun sudah sangat banyak menggelutinya. Namun bedanya bukan sebagai pekerjaan tetap melainkan sebagai pekerjaan sampingan atau sekadar hobi semata.
Peluang itulah yang dimanfaatkan oleh Yunus Susanto (40) dengan mendirikan usaha kolam pancing yang ia dirikan sejak satu setengah tahun lalu itu. Dengan gigih ia tekuni hingga membuah hasil dari kalangan penghobi memancing yang banyak mendatangi kolam pancing Anggun Sejahtera tersebut.
“Sebagian orang beranggapan memancing hanya membuang waktu dan uang, selain itu produktivitas dianggap rendah, namun bagi penggila mancing, memancing merupakan sebuah aktivitas yang tidak dapat diukur dengan materi,” ujar pria yang akrab disapa Yunus ini.
Yunus yang juga berprofesi sebagai advokat ini mengaku awalnya, mengamati berbagai tempat kolam pancing lalu ia tiru dengan konsep sendiri berdasar kebutuhan dari penghobi pemancing. Tak jarang pula kolam pancing yang ia kelola memasukkan modifikasi dengan tren kebutuhan bagi penggila memancing saat ini. “Memancing adalah seni, semua metal ada di dalam hobi mancing. Mulai diperlukannya tingkat kesabaran, kreativitas hingga insting dan feeling harus padu diseni memancing ini,” kata Yunus pria asli Sidodadi Trosobo Sidoarjo Jawa Timur itu.
Diceritakaan Yunus lahan 1 hektare yang dikelolanya itu dulunya tempat mati alias mangkrak bertandus yang tidak bisa digunakan sebagai lahan bagi kemajuan desanya. Atas permintaan dari kepala desa di kampung Sidodadi RT 7 RW 2 Sidoarjo itulah niat jiwa sosial yang bermasyalahat bagi orang banyak tercetus ia dirikan.
Dengan membangun kolam pancing Anggun Sejahtera itu. Dirinya telah menciptakan lapangan kerja bagi warga yang dulu dari nasib tidak jelas menjadi masa depan menjanjikan.
“Usaha yang saat dirikan ini, saat ini telah menciptakan lapangan kerja untuk 30 orang. Karena usaha ini bukan bisnis semata buat saya, namun bagi pegawai saya mulai dari mantan preman hingga mahasiswa sudah bekerja di kolam pancing ini,” ujar bapak dari Manuel Valencia Alberty Susanto dan Gloria Valencia Alberty Susanto ini.
Yunus yang berprofesi sebagai advokat selama 17 tahun ini banyak makan asam garam. Tak pelak segudang pengalaman pun ia embankan.” Ibarat kenikmatan memancing terasa saat umpan disambar ikan, perlawanan sang ikan dan puncaknya saat berhasil mendaratkan ikan yang tak berdaya dan kalah. Itulah seninya dari hobi mancing ini,” tandasnya.
Ia mengakui pemancingan lumayan banyak penggemarnya, untuk saat ini tempat pemancingannya dari tamu berbagai kota serta berbagai profesi mulai dari TNI Polri, Pegawai negeri sipil, pengusaha dan karyawan biasa. “Mereka semua solidaritasnya sangat tinggi antar sesama. Bahkan dalam memancing ini tidak membedakan-beda status dari privasi seseorang semua sama,” ujarnya
Kolam pancing ia kelola setiap satu minggunya menyelenggarakan lomba tiga kali ini setiap Senin, Jum’at dan Minggu. Dengan harga tiket Rp 150.000 dengan hadiah Rp 6 juta untuk 10 nominasinya ( Rabu dan Jumat,red), sedangkan Minggu tarif tiket Rp 300.000 dengan hadiah Rp 15 juta untuk 10 nominasi.
“Dari aspek bisnis, kegiatan mancing memancing sudah dapat dikategorikan sebagai salah satu usaha yang sangat menguntungkan, tidak heran banyak melahirkan usahawan baru yang mengeluti bisnis pemancingan ini. mulai dari penyewaan kolam, penyewaan alat pancing hingga penjualan umpan dan piranti pancingnya,” terang Yunus.
Pendiri kantor Law Firm & Legal Consultant Yunus Susanto, S.H. & Associates di Sidoarjo ini mengakui memiliki hobi memancing sejak 1993 silam. Saat ini terbilang moncer dengan bisnis kolam pancing Anggun Sejahteranya. (Antonius Andhika)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas