Kuliner

Waffle: Lembut di Tengah, Kering di Luar

Menikmati kudapan biasanya dilakukan saat santai. Berbagai pilihan kudapan kini tersedia. Salah satu yang banyak digemari adalah waffle. Waffle merupakan kue yang terbuat dari adonan yang dimasak dalam cetakan yang bermotif untuk memberikan ukuran, bentuk, karakteristik dan kesan dipermukaannya. Waffle juga sering diberi topping stroberi, coklat, gula, madu, sirup, dan es krim.
Adonan untuk membuat waffle terdiri dari tepung, telur, gula, mentega, susu dan baking powder. Adonan ini kemudian dituang ke dalam cetakan yang menghasilkan kantong-kantong yang menjadi ciri khas kue ini. Selain itu, warna kecokelatan menjadikan waffle sebagai kue yang eksotis.
Kue waffle kini bisa didapatkan di restoran maupun kafe. Bahkan di mal-mal pun sudah tersedia gerai yang menyediakan waffle dalam berbagai varian. Atau, mau membuat waffle sendiri di rumah juga bisa karena bahan kue ini dijual di pasar, tinggal menyiapkan cetakan saja.
“Waffle merupakan kue yang unik. Lembut di tengah, kering di luar. Variannya juga banyak. Kalau mau beli waffle di kafe, sekarang sudah banyak tempatnya. Harganya terjangkau,” ujar Dewita, salah seorang penggemar waffle.
Beberapa varian waffle yang terkenal adalah waffle Amerika, Belgian waffles, The Liège waffle, pandan waffles, Rhubarb waffle of Ireland, Våffel of Sweden, dan Stroopwafel of Dutch. Dari banyak macam waffle khas negara-negara tersebut, semua memiliki bahan dasar yang sama namun bentuk penyajian yang berbeda. (Ngurah Budi)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas