Griya

Mengintip Warung Berkonsep Kontemporer

Menarik tidaknya sebuah tempat sangat dipengaruhi oleh desainnya. Clean Canteen–salah satu warung makan yang berlokasi di Petitenget, Krobokan, Bali ini misalnya, yang mengusung konsep desain kontemporer.
Sebuah referensi menyebutkan, desain kontemporer dapat digambarkan sebagai desain modern (kekinian) yang mengandalkan pada permukaan halus dan dipoles, garis yang bersih, terlihat sederhana dan rapi. Hal ini tidak dingin dan tetapi luas dan nyaman. Ini berfokus pada warna, tekstur, furnitur dan pencahayaan. Disebutkan juga bahwa desain kontemporer berfokus pada warna-warna netral, seperti krem, putih, cokelat, kulit hitam dan kelabu tua.
Dalam hal ini, desainernya Tedi Wahyu menerjemahkannya antara lain pada elemen pembentuk ruang, furniture dan pencahayaan. Pada dinding pasangan batako difinishing dengan cat putih dan diberi tekstur dengan teknik digerinda. Lantai pada area dalam semen poles (cement polished) dan lantai luar memakai kayu ulin. “Dipilihnya lantai cement polished, biar muncul kontemporernya. Demikian juga kayu ulin untuk lantai teras biar menyatu dengan lingkungan sekitar dan masih konsep kontemporer,” ujar Tedi Wahyu.
Pada satu bidang dinding, dihadirkan gambar mural Bruce Lee sebagai simbol sportivitas, dan Albert Einstein simbolis pemikir. Pemiliknya yang berkewarganegaraan Jerman ingin menyampaikan bahwa yang datang ke warung ini dari berbagai kalangan. Tidak menutup kemungkinan dari level menengah ke bawah hingga level menengah ke atas.
Untuk furnitur, dipilih material kayu dan besi. Lampunya lampu gantung (hanging lamp) dari fiber, masih dengan konsep kontemporer. Selain itu divariasikan juga dengan pemasangan lampu pijar. Konsep secara keseluruhan simpel, bersih dan nyaman yang didominasi dengan warna putih dan abu.
“Clean canteen ini hanya pengembangan usaha dia di Jerman. Dipilihnya kontemporer sebagai konsep desain karena memang si owner sudah sangat cinta dengan konsep tersebut,” jelasnya. (Inten Indrawati)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas