Nine

Ratusan UMKM Meriahkan NTB Expo ke-5

Tidak kurang dari 140 stand dari UMKM yang ada di seluruh Nusa Tenggara Barat dan juga luar NTB turut berpartisipasi dan memeriahkan arena NTB Expo ke-15 tahun 2017 yang digelar di Islamic Center NTB. Selain itu stand-stand pameran juga diisi oleh SKPD, Perbankan, BUMN, Koperasi dan UMKM serta pasar murah hasil kerjasama distributor kebutuhan bahan pokok.

NTB Expo yang secara rutin digelar tiap tahun ini dimaksudkan untuk dapat memperbanyak dan perluasan jaringan bagi para pelaku UMKM yang ada di NTB. Selain itu juga dihajatkan untuk efektifitas pembinaan dalam memotivasi kreativitas UMKM demi meningkatkan wawasan bisnisnya di era yang semakin terbuka dengan berbagai kemudahan teknologi ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 3-6 Agustus 2017. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke-72 dan Hari Koperasi ke-70.

NTB Expo yang digelar rutin sejak tahun 2003 ini merupakan bentuk komitmen dan perhatian Pemerintah Provinsi NTB dalam membina Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memperluas jaringan bisnis dan kualitas produk-produk UMKM dan koperasi. “NTB Expo adalah ajang strategis bagi para pelaku UKM untuk memamerkan produk unggulannya kepada pangsa pasar yang lebih luas. Selain itu, expo ini juga bisa menjadi ajang temu usaha di antara para pelaku UKM untuk membangun jaringan pemasaran dan memperluas jaringan pengembangan usahanya,” kata Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, saat membuka NTB Expo ke 15  di Islamic Center NTB, beberapa waktu lalu.

Menurut Amin, Pemerintah Provinsi NTB berperan selain membatu promosi bagi UMKM, juga akan terus berupaya melakukan pembinaan dan mem-branding serta melindungi hak merek dari produk-produk UKM berkualitas yang dimiliki NTB. Hal ini penting dilakukan karena sektor UKM mampu menyerap tenaga kerja cukup banyak. “UKM merupakan sektor penting untuk menyerap tenaga kerja, yang hingga kini sudah mencapai 21 persen,“ katanya.

Deputi Bidang Promosi dan Pemasaran kementrian Koperasi dan UKM RI , I Wayan Dipta yang hadir pada pembukaan NTB Expo 2017 ini mengatakan bahwa Expo seperti ini sangat dibutuhkan koperasi dan UKM untuk mengenalkan produk mereka di tingkat regional, nasional maupun internasional. “Dengan potensi UKM di NTB yang terkenal akan kualitasnya, event seperti NTB expo harus rutin dikembangkan khususnya UMKM yang belum di kenal agar pasar mereka jadi semakin luas,” ungkapnya.

Wayan Dipta juga menambahkan bahwa pelaksanaan expo harus dapat mendatangkan pembeli agar produk yang dipamerkan dapat laris terjual. Mengaitkan potensi UKM dan potensi pariwisata dengan expo adalah salah satu langkah cerdas dalam membantu pemasaran UKM. “NTB banyak didatangi oleh wisatawan, kita arahkan mereka ke sini agar mereka juga bisa belanja,” ujarnya. (Naniek I. Taufan)

 

 

Halal Bi Halal TP PKK NTB

Tim Penggerak PKK NTB menggelar acara Halal Bi Halal yang mengangkat tema ‘Dengan Silaturrahim Kita Teguhkan Kebersamaan’. Pada kegiatan yang mempertemukan para pengurus TP PKK NTB dan juga organisasi wanita lainnya ini, Ketua TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Erica  Zainul Majdi mengajak segenap jajaran PKK dan Organisasi Wanita di Nusa Tenggara Barat untuk terus memupuk semangat kekompakan dan persatuan yang utuh dalam mewujudkan program-program pemberdayaan perempuan untuk membentuk keluarga yang sejahtera yang dimulai dari keluarga masing-masing.

Ajakan untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan pun menjadi salah satu hal yang dikemukakan dalam ajang silaturrahmi para ibu ini. “Mari kita tanam dan nyalakan semangat Fastabiqul  Khairat di jiwa setiap insan PKK dan Wanita untuk mencapai satu tujuan, yakni memajukan NTB melalui pemberdayaan perempuan,” ungkap Hj. Erica saat menghadiri Halal Bi Halal TP. PKK Prov. NTB di Aula TP. PKK Prov. NTB, di Mataram beberapa waktu lalu.

Fastabiqul khairat adalah sebuah ajakan yang artinya `berlomba-lombalah berbuat kebajikan, sebuah pesan singkat yang memiliki makna sangat luas dan mendalam. Kebaikan yang dimaksud pasti kebaikan yang sesuai dengan perintah Alloh SWT. Seperti menolong sesama, mengabdi untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk pengabdian dalam pelaksanaan program program PKK yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Selain itu, Erica juga menyampaikan kebanggaannya kepada PKK se- NTB atas kekompakan  yang telah terwujud selama ini. “Walaupun diikuti oleh berbagai macam profesi dan latar belakang, namun seluruh organisasi perempuan di NTB ini memiliki satu tujuan, yaitu memajukan NTB melalui pemberdayaan perempuan,” ujarnya dalam kegiatan yang dihadiri pula oleh Ketua BKOW Prov. NTB Hj. Syamsiah M. Amin dan Ketua Dharma Wanita Prov. NTB Hj. Ikhsanti Komala Rimbun Rosiady. Sembari itu, ia menambahkan bahwa kekompakan yang terjalin dalam PKK NTB tetap tidak lepas dari prinsip Fastabiqul Khairot yang terus dipegang oleh kader PKK dalam melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Dr. H. Zaidi Abdad, MA dalam ceramahnya pada kegiatan hala bi halal ini, mengatakan rasa kebersamaan yang kuat adalah kunci dalam mengatasi berbagai macam masalah. “Ada tiga hal dalam membangun kebersamaan, pertama membangun keimanan dan ketaqwaan, kedua membangun pendidikan, dan ketiga membangun ekonomi,” ujarnya saat memberikan hikmah Halal Bi Halal.

Keimanan dan ketaqwaan yang dimaksud adalah segala perbuatan yang dilakukan di dunia dan akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. “Kenalkan anak-anak tentang  hakikat keimanan dan ketaqwaan sejak dini agar anak-anak kita kelak memiliki moralitas dan akhlak yang baik,” katanya.

Dr. H. Zaidi juga mengucapkan selamat kepada Ikatan Ahli Ekonomi Syariah (IAE) Provinsi NTB dan kepada Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi sebagai Kepala Daerah Penggerak Ekonomi Syariah. NTB adalah Provinsi yang menggerakkan ekonomi dengan sistem syariah, bahkan Bank NTB sebagai bank daerah dikonversi menjadi bank syariah. “Mudah-mudahan ini menjadi terobosan yang baik untuk Provinsi NTB,” ujarnya. (hms-Naniek I. Taufan)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas