Kuliner

Kenali Ramen dari Kuahnya

mi ramen

Mi merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Mi sering diidentikkan dengan masakan Cina. Padahal mi juga dikenal di Jepang. Salah satunya adalah ramen.  Ramen merupakan mi asal Jepang yang mempunyai rasa kuah yang lezat saat menyantapnya. Kuah ramen pun memiliki beberapa jenis rasa. Ramen pun menjadi hidangan favorit terbukti dengan banyaknya penjual ramen.

Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). Pada umumnya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mi sebagai lauk atau penyedap.

Di beberapa restoran Jepang, ramen menjadi menu favorit. Untuk lebih mendekatkan konsumen dengan makanan ini, ada yang memutarkan video proses pembuatan kuah ramen. Proses pembuatannya memerlukan waktu yang lama. Kaldu disaring berkali-kali hingga menghasilkan kuah yang bening tetapi memiliki cita rasa yang kuat.

“Dari kuah yang bening ini bisa diketahui rasa berbagai bumbu yang sudah menyatu. Kalau mau makan ramen, cicip dulu kuahnya. Kalau ada yang kurang, baru tambahkan cabai atau bawang goreng, atau apapun yang menurut kita kurang pas,” ujar Juniko, seorang penggemar ramen.

Di atas ramen umumnya ditambahkan beraneka ragam lauk seperti chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau, irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan. Telur rebus untuk ramen biasanya berwarna cokelat karena direbus di dalam kuah bekas rebusan chasiu. Sayuran sekaligus penyedap yang paling umum untuk ramen adalah irisan daun bawang.  (Ngurah Budi)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas