Griya

Kamar Mandi Masa Kini

Kamar mandi setengah basah

Sama halnya dengan ruang tidur, keberadaan kamar mandi dalam ruang hunian sangat penting. Dari segi fungsi, kamar mandi difungsikan untuk melaksanakan kegiatan mandi, ruang privacy dan seringkali di kamar mandi kita bisa mendapatkan ide-ide tentang apa pun. Dari kegiatan tersebut berkembanglah fungsi kamar mandi sebagai salah satu tempat relaksasi. Hal ini disampaikan Made Teny Agustina, S.Sn. saat ditemui di studionya Kayumanis Interior di kawasan Renon, Denpasar.

Meningkatnya fungsi sebagai salah satu tempat relaksasi ini pun disinyalir Teny yang menjadikan beragam desain kamar mandi saat ini berkembang dengan konsep beragam, unik dan fungsional. “Dalam membuat desain kamar mandi penting untuk memperhatikan dan mempertimbangkan keluasan lahan yang ada,” ujarnya.

Pada rumah tinggal ukuran standar minimal memiliki 1 kamar mandi. Namun, sebagian masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi, memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan huniannya dengan membuat fasilitas kamar mandi untuk 1 ruang tidur saja.  Jenis kamar mandi pun beragam, dalam lahan yang kecil umumnya hanya dapat membuat kamar mandi basah. Disebut jenis kamar mandi basah dikarenakan peletakan peralatan seperti wastafel dan closet, menempel berdekatan dan lantai selalu basah saat dan setelah digunakan.

Jenis kamar mandi berikutnya adalah kamar mandi setengah basah, jenis ini memiliki ukuran ruang setengah kali lebih besar dari jenis kamar mandi basah. Posisi fasilitas closet dan shower ataupun bak mandi tidak berdekatan, sebagian lantai tetap kering meski di areal mandi saja yang basah dengan sekat korden/ tirai. Yang terkahir pada hunian yang cukup luas dapat menyiapkan lahan untuk jenis kamar mandi kering. Kamar mandi ini memiliki ukuran yang cukup besar, minimal 6 m2, umumnya ada bath tub. Areal mandi dipisahkan dengan tertutup pintu, kaca, partisi dan ketinggian lantai, sehingga saat mandi air tidak menggenangi area lainnya, sehingga ruang lainnya benar-benar kering. Jarak antara closet dan wastafel tidak terlalu dekat.

Teny menyampaikan, dalam merancang kamar mandi, hal yang paling penting dipertimbangkan adalah posisi, sirkulasi udara dan pencahayaan. Jika sirkulasi udara tidak bagus, kamar mandi akan terasa pengap dan bau. Aliran udara harus lancar agar tidak mengganggu kesehatan. Pencahayaan sangat penting dan lebih baik dengan pencahayaan alami agar hemat energi, serta mempermudah aktivitas. Penting untuk mempertimbangkan pula posisi peletakan area kamar mandi agar dapat berhubungan dengan alam terbuka.

Fasilitas dalam kamar mandi, berupa closet, wastafel, shower dan bath tub, berkaitan dengan peletakan aliran air kotor dan air bersih. Sebelum mewujudkan kamar mandi dengan fasilitas tersebut, hendaknya diatur dengan baik agar pipa-pipa air tidak bocor, tidak mudah tersumbat dan mudah untuk perawatan serta perbaikan. Fasilitas seperti stop kontak untuk aktivitas mencukur dan mengeringkan rambut, pemasangan water heater, serta posisi floor drain (saringan air kotor) pun perlu pengaturan perencanaan dari awal penempatannya, sehingga dapat mempermudah aktivitas, penyimpanan, meningkatkan kenyamanan, perawatan hingga perbaikan.

Dalam mengerjakan sebuah proyek, Teny pun merencanakan fasilitas yang matang dari awal sehingga dalam perwujudannya dapat memaksimalkan tingkat kenyamanan penggunanya.

  1. Kamar mandi kering bertemakan Vintage

Ruangan kamar mandi ini berukuran 12.8m2, sangat memudahkan desainer untuk memisahkan area basah dan kering. Area basah dibatasi sekat dan perbedaan level lantai. Begitu juga dengan area privacy, sekat pendek menjadi pemisah dengan area wastafel. Desain sangat istimewa dengan konsep vintage memberi kesan romantic dan hangat dengan sinar lampu pijar.

  1. Kamar Mandi Basah

Dalam lahan yang tidak cukup luas, rata-rata kamar mandi berkisaran 1.5m2. posisi shower berdekatan dengan closet sehingga saat mandi seluruh lantai basah.

  1. Kamar mandi setengah basah

Ruang yang cukup untuk kamar mandi jenis ini minimal berkisaran 5m2, area wastafel dengan shower berdekatan, namun dibatasi dengan bathub. Posisi closet dengan yang lainnya cukup, dan saat mandi lantai dalam kamar mandi ini hanya sebagian yang basah. (Inten Indrawati)

Klik mengomentari

Tinggalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Paling Populer

Ke atas